Senin, 09 April 2012

Melirik prestasi siswa SMKN 6 Bandung bersama Kapolsek Gede Bage





Tepat pukul 7 pagi di hari Senin 09 April 2012 ketika Upacara Bendera akan dimulai, para peserta upacara SMKN 6 Bandung pandangannya tertuju pada rombongan Pimpinan Sekolah beserta Tamu undangan, Bp. Kapolsek Gede Bage dan rengrengannya. Pada upacara kali ini dilaksanakan lebih dari biasanya, semua kemampuan siswa dalam menyelenggarakan upacaranya dimaksimalkan.




Bapak Kapolsek didaulat oleh bapak Kepala Sekolah, Drs.H. Husen, M.Si untuk menjadi Pembina Upacara sekaligus memberikan pembinaan kepada peserta upacara.
Dengan pembinaan ini, diharapkan para siswa SMKN 6 Bandung akan lebih memahami dan terhindar dari tindakan yang akan merusak citra pendidikan berkarakter bangsa.




Bapak Kapolsek mengatakan dalam pembinaannya, bahwa.... “Setinggi apapun ilmu yang didapat, tanpa disertai keimanan akan rusak".....selain itu juga beliau mengatakan, ..."Selama ini di usia mereka (siswa SMKN 6 Bandung khususnya), anak-anak bisa begitu cepat dipengaruhi para pelaku penjahat narkoba. Mereka pun menjadi sasaran perekrutan untuk aksi kriminal”.  Oleh karena itu jalan satu-satunya siswa harus terus diberikan pemahaman tentang hal tersebut diatas dengan melalui Proses Belajar Mengajar dilingkungan sekolah yang baik, seperti di SMKN 6 Bandung ini.




Sekolah merupakan lembaga pendidikan, yang menampung peserta didik dan dibina agar mereka memiliki kemampuan, kecerdasan dan keterampilan. Dalam proses pendidikan diperlukan pembinaan secara berkoordinasi dan terarah. Dengan Demikian siswa diharapkan dapat mencapai prestasi belajar yang maksimal sehingga tercapainya tujuan pendidikan.
Jabaran UUD 1945 tentang pendidikan dituangkan dalam Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3 menyebutkan, "Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab."




Dalam pembinaan siswa di sekolah, banyak wadah atau program yang dijalankan demi menunjang proses pendidikan yang kemudian atas prakarsa sendiri dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan ke arah pengetahuan yang lebih maju.
Salah satu wadah pembinaan siswa di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasari atas tujuan pada kurikulum sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam siswa dapat mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya.




Tujuan pelaksanaan ekstrakurikuler di sekolah menurut Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (1987) sebagai berikut:
  1. Kegiatan ekstrakurikuler harus meningkatkan kemampuan siswa beraspek kognitif, afektif dan psikomotor.
  2. Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif.
  3. Dapat mengetahui, mengenal serta membedakan antara hubungan satu pelajaran dengan pelajaran lainnya.
Dalam kesempatan ini pula, Bapak Kapolsek Gede Bage setelah selesai menjadi Pembina Upacara, beliau mohon izin kepada Kepala Sekolah untuk menyanyikan lagu Padamu Negeri bersama-sama seluruh peserta Upacara. 




Tiada hari Tanpa Prestasi, itu adalah selogan yang sering terlontar diantara Kami. Siswa-Siswi  SMK Negeri 6 Bandung jika berprestasi dibidang Teknologi itu sudah biasa, tapi jika berprestasi pula dibidang lain.....wah menjadi luar biasa.
Di penghujung acara Silaturahmi Bapak Kapolsek dengan Keluarga Besar SMKN 6 Bandung pun ada beberapa penghargaan siswa Kami yang diraih. dan uniknya, kali ini ada yang lain.

Inilah Prestasinya....
  • Rangking 2 Grasstrak Pemula Kejuaraan Nasional 2011 se Indonesia
  • Rangking 2 Grasstrak Pemula Kejuaraan Daerah Jawa Barat 2011
  • Rangking 1 Grasstrack Region 2 Pemula se Pulau Jawa
  • Juara 2 (Kelas Bebek Modif), Juara 3 (Kelas Bebek Modif Senior dan Juara 4 (Kelas Campuran Senior). Dalam kejuaraan Balapan di Sukabumi.
  • Juara 1 Lomba Pertolongan Pertama Tingkat Wira Putra Se Bandung Raya dan sekitarnya D'FAID COMPETETION III 2012 KSR PMI UNPAD



Dan yang paling unik kali ini di SMKNegeri 6 Bandung Program Teknologi dan Rekayasa, salah seorang siswinya telah menjadi :
  •  Juara 1 Top Model Competition Casual Mall, Metro Indah Mall, 7/8 April 2012.


 
He..he.....Hebat.....Selamat ya buat para duta-duta SMK Negeri 6 Bandung. Semoga kedepan terus dapat mendulang prestasi, sehingga SMK khususnya SMKN 6 Bandung ini dapat semakin menunjukkan kemampuan atau "Ka BISA" nya di  Negeri ini. Amin.....











5 komentar:

  1. Selamat pak.
    Selamat SMKN 6 Bandung.
    Pa Popoh kedua dr kiri di depan pas jajaran bapak ibu guru, barisnya ya .......
    Seragam petugas upacaranya keren.
    Semoga data2 yg bapak buat ini akan jd catatan sejarah penting bg SMKN 6 Bandung.
    Semangat !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. he..he...ko tahu sih.....makasih atas semangatnya dalam berkomentar. semoga ini memberikan dampak positif buat Kami tuk terus bersemangat pula dalam mendampingi anak bangsa ini agar dapat menjadi bagian yang baik tuk memajukan Bangsanya....amin, walau tidak sedikit tantangannya.

      Hapus
  2. Congratulations Pak...Semoga prestasi anak didikx lebih meningkat, tentu di bewah bimbingan para gurunya. Pihak sekolah sejatinya memang menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. so are you....Semoga pula kita diberikan kekuatan tuk selalu konsisten (Istiqamah) dalam melakukan kebaikan demi kebaikan. Amin......makasih bu Ulfa Najamudin kunjungannya. Salam.

      Hapus
  3. makasih kunjungannya for all... ......mudah2an ini menjadikan bahan kajian kepada kita semua disaat datangnya kepesimisan hati dalam situasi perpolitikan di negeri ini yg telah membuat bingung para Pendidik Bangsa...Selamat berjuang kawan...

    BalasHapus