Selasa, 17 Mei 2011

Mau tahu tentang RW 07 Siaga....Please go here.....!


 
Seperti diketahui, yang disebut RW Siaga adalah RW yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya, baik kemampuan dan kemauan untuk mencegah, mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan, maupun kejadian luar biasa (KLB), secara mandiri. Dasar pembentukan RW Siaga adalah UU Nomor 23/1992 tentang Pembangunan Kesehatan Masyarakat, SK Menkes Nomor 564/VIII/2006, dan SK Gubernur tentang RW Siaga dan Revitalisasi Posyandu.

Kampung Siaga adalah suatu tatanan masyarakat yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawat-daruratan kesehatan secara mandiri..





Kampung Siaga RW 07 dibentuk dalam upaya pembinaan sikap, watak dan akhlaq warga RW 07 Kelurahan Cipamokolan Kecamatan Rancasari agar menjadi insan yang berakhlaqul karimah, beriman, bertaqwa dan berilmu serta memiliki kehalusan jiwa kemanusiaan, kompak dalam kegiatan, terdepan dalam kebaikan, memiliki rasa kesadaran solidaritas sosial serta memiliki kepedulian terhadap kesehatan pribadi dan lingkungan.





Untuk mengantisipasi minimnya dana untuk kegiatan KAMPUNG SIAGA RW 07, maka masyarakat RW 07 kiranya perlu bahu membahu menggalang dana, baik melalui pembukaan Lumbung Siaga untuk Dana Sehat, maupun melalui pembukaan Lumbung Amal Kampung Siaga yang menarik dana dari para donator.


 

Program Kampung Siaga ini merupakan kegiatan bakti masyarakat yang dimaksudkan menata kesiapan warga RW 07 dalam memberikan bantuan bencana alam dan kegawat-daruratan serta mengaktualisasikan warga RW 07 yang kompak dalam gotong royong dan tolong menolong,
Mudah-mudahan keberadaan Kampung Siaga ini menjadi sarana terdepan dalam menangani dan mengatasi kerawanan sosial dan kesehatan masyarakat di lingkungan RW 07.





RW 07 Siaga dibentuk pada tanggal 22 April 2009, dan ditahun pertama (27 April 2009) RW 07 Siaga telah mampu meluncurkan ‘Kartu Sehat’ sebagai wujud dari optimalisasi “Dana Sehat” yang dihimpun warga sebesar Rp. 500,00 (Lima ratus rupiah/KK) 


 Pembentukan RW 07 Siaga


Peluncuran Kartu Sehat .. Milad ke-1 RW 07


Dan akhirnya...tanpa terasa RW 07 Siaga sudah menginjak tahun ke-2. Milad Ke-2 ini RW 07 Siaga berharap ingin lebih menyentuh berbagai lapisan masyarakat, cakupannya lewat berbagai kegiatan – kegiatan yang menunjang peningkatan kesehatan mereka.
Kegiatan tersebut kami ambil menjadi Thema dari Milad ke-2 RW 07 Siaga yaitu : “Bulan Bakti Bulan Prestasi” yang  telah Kami laksanakan antara tanggal 17 April s/d 17 Mei 2011.

Beberapa tujuan yang menjadi motivasi kami melakukan kegiatan “Bulan Bakti Bulan Prestasi adalah: 
 
  • Bulan bakti
Yang kami maksud adalah sebuah kegiatan yang intinya melakukan bakti sosial kepada masyarakat sekitar RW 07 antara lain:

1.    Donor Darah dan Pemeriksaan Golongan Darah
2.    Pemeriksaan/Test Gula darah dan Kolestrol
3.    Pemeriksaan Kesehatan bagi warga pemilik Kartu Askes
4.    Pembagian Alat Mandi bagi anak usia Sekolah 6 s/d 12 Tahun (Setingkat SD)
5.    Pemeriksaan Mata dan Gigi bagi anak usia sekolah SD, dan pemberian kacamata gratis bagi mereka yang memerlukan (kategori dhuafa dan yatim)

  •  Bulan Prestasi
Bulan Prestasi yang  kami selenggarakan tiada lain adalah  prestasi yang bersumber dari masyarakat wilayah RW 07 Siaga sendiri. Kegiatan tersebut meliputi :
1.    Lomba Batita Sehat  (Anak usia 1 – 3 tahun)
2.    Lomba Lansia Sehat (usia 55 – 75)
3.    Lomba Rumah Sehat Kriteria (Dinkes dan BGC)
4.    Lomba Penyuluhan Kader . Materi Lomba : RW Siaga, Posyandu, Kadarzi, PHBS
 
Dari terselenggaranya kegiatan-kegiatan tersebut harapan keberadaan RW 07 Siaga semakin dirasakan oleh masyarakat sekitar sehingga : 
1.      Pengetahuan dan Kesadaran masyarakat tentang Kesehatan akan semakin bertambah
2. Meningkatkan Kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap hal-hal yang meli batkan gangguan kesehatan
3.  Meningkatkan keluarga yang sadar gizi
4.  Meningkatkan kesehatan Lingkungan
5.  Meningkatkan Cakupan Pelayanan Kesehatan Dasar di wilayah RW 07 Siaga

Di akhir tulisan ini, marilah kita simak bersama Video rekaman kegiatan Milad ke-2 RW 07 Siaga dengan tema "Bulan Bakti Bulan Prestasi" ...Untuk kenyamanan anda dalam menyimak Video ini, alangkah baiknya terlebih dahulu mematika musik background nya, yaitu dengan cara menggulirkan mouse anda ke bagian akhir halaman ini....dan mohon bersabar, karena size video ini panjang jadi agak lambat dounloadingnya....Maaf ya...?. Selamat menyimak........

To be continued......
Mohon maaf Videonya masih dalam proses





Tidak ada komentar:

Posting Komentar